Cara memperpanjang umur battery iPad

Daya tahan baterai iPad bisa dikatakan cukup baik. Tapi bukan berarti kita tidak dapat membuatnya lebih baik lagi. Kita masih bisa memperpanjang daya baterai tersebut. Terutama jika Anda menggunakan tablet dengan cara kebanyakan orang. Dimana tidak dibawa ke mana-mana alias ditinggal di rumah. Penggunaanya pun singkat di malam hari, kadang sembari duduk santai di sofa atau berbaring di tempat tidur.

Nah, berdasar asumsi inilah, kita bisa menonaktifkan beberapa fungsi iPad yang tidak gunakan. Sehingga akan makin memperpanjang daya baterai. Apa saja yang harus diatur? Berikut langkah-langkahnya

Background Refreshing dan Notifikasi
Salah satu fungsi yang membuat baterai boros adalah Background Refreshing dan Notifikasi. Jika iPad digunakan sebagai media hiburan, berselancar internet tentu tidak membutuhkan notifikasi. Karena itu tidak ada salahnya menonaktifkannya, caranya:

1. Buka aplikasi Settings
2. Pilih General
3. Tekan rombol Background App Refresh



Kita akan melihat sejumlah daftar aplikasi yang mempergunakan fungsi ini. Kita bisa memilih aplikasi mana saja yang diperbolehkan menggunakan fungsi tersebut. Tapi agar lebih mudah, cukup matikan saja semuanya dengan mengeser tombol Background App Refresh ke posisi Off.

Selanjutnya, masih di bagian Settings, tekan tombol Notification. Kita pun dapat memilih satu persatu aplikasi yang dapat menampilkan notifikasi. Atau bisa menonaktifkannya secara keseluruhan. Caranya geser tombol Allow Notifications ke posisi Off (kiri).
Mail, Contact dan Calender
Jika tidak menggunakan iPad untuk produktivitas, seperti email, kontak dan kalender. Maka nonaktifkan saja fungsi push. Caranya, 
1. Buka Settings
2. Tekan Mail, Contact, Calender 
3. Pada bagian Fetch New Data.



Dari sini sebenarnya kita dapat mengatur satu per satu akun. Tapi bila ingin semua akun tidak dapat mensinkronkan data. Nonaktifkan saja fungsi Push dan lakukan refresh secara manual.

Bluetooth
Fungsi Bluetooth menjadi salah satu menguras baterai. Padahal fungsinya hanya dibutuhkan kala kita ingin mengirimkan file atau menggunakan aksesoris seperti smartband dan headphone.



Ada cara sangat mudah untuk mengaktif dan nonaktifkan Bluetooth. Swipe ke atas Control Center, lalu tekan tombol Bluetooth. Atau dapat pula membuka Settings, lalu pilih menu Bluetooth saat ingin melakukan pengaturan.


Lokasi
Jika untuk keperluan hiburan dan browsing, rasanya tidak membutuhkan fungsi lokasi. Sebaiknya dinonaktifkan saja, sebab dapat menghemat penggunaan baterai. Cara pengaturannya
1. Tekan Settings
2. Pilih tombol Privacy
3. Lalu buka Location Services
4. Kita bisa menonaktifkan keseluruhan dengan mengeserkan tombol Location Services di bagian atas ke posisi Off. 
5. Dapat juga memilih beberapa aplikasi yang bisa menggunakan fungsi ini. Sisanya dapat dinonaktifkan dengan menekan satu persatu aplikasi, lalu pada opsi Always Location Access, pilih Never.



Spotlight
Meski fungsi ini cukup berguna, nyatanya tidak banyak orang yang menggunakannya. Mungkin Anda salah satunya. Karena itu nonaktifkan saja. Caranya;
1. Tekan Settings
2. Pilih General
3. Lalu, tekan Spotlight Search



Kita akan melihat seluruh kategori Spotlight. Hilangkan centang di semua kategori tersebut.



Brightness
Mungkin ini salah satu anjuran yang sering kita dengar untuk menghemat penggunaan baterai. Tapi memang benarkan? Dengan mengurangi tingkat kecerahan, terbukti menghemat konsumsi baterai.


Di iPad, pengaturannya berada di Settings, lalu tekan Display & Brightness. Matikan opsi Auto Brightness.



Cara yang lebih mudah dengan melakukan pengaturan lewat Control Center. Tinggal mengeser tombol untuk menaikturunkan tingkat kecerahan.

Matikan iPad
Jika Anda tipe orang yang hanya mempergunakan iPad saat akhir pekan. Disarankan untuk mematikan saja iPad-nya setelah mempergunakannya. Alhasil menghindari baterai habis meski tidak digunakan. Semoga bermanfaat.

Categories: Share